ini hanya sekedar mengisi waktu luang saya, dan saya bukan siapa-siapa, saya hanya seseorang yang sungguh sangat biasa-biasa saja yang ingin berbagi isi kepala saya kepada para pembaca sekalian dengan cara yang sangat biasa-biasa saja *hehehe

Cara membuat short link atau link pendek dengan Google


Shortlink ?
Shortlink pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita, saat akan download melihat link – link di web atau blog, lebih lebih shortlink receh atau shortlink penghasil receh. tapi disini saya tidak membahas shorlink untuk menghasilkan receh. akan kita bahas shortlink fasilitas gratis dari Google.
Sekilah tentang shortlink , Shorlink adalah link yang diciptakan atau dibuat guna untuk memperpendek url / link panjang agar tujuannya mudah untuk di share atau bahkan dihafal, di ketik ulang tanpa copas dari media monitor ke media chat sms atau yang lain. ( ada juga buat ngerecehin link  / shotlink berbau iklan hehehe ga pake gugel klo receh).
Sebenarnya shorlink adalah sebuah link dimana di server shortlink tersebut enginnya bekerja meneruskan link tersebut ke link sebenarnya , bisa disebut direck link.
Barikut cara  membuat shotlink dengan Google URL Shortener :
  1. Buka halam google URL Shortener https://goo.gl/
  2. Apabila diminta login silahkan anda login dengan account google anda ( Gmail )
  3. Setelah berhasil masuk, terlihat halaman google URL shortener
  4. Copy dan pastekan URL panjang kita di  “Paste your Long URL Here “
  5. Misal saya mencoba link http://www.kumahawecarana.com/2017/11/rukun-iman-ada-6-all-about-islam.html
  6. Selanjutnya klik shorten URL 
  7. Hasil shorten URL akan muncul dibagian kanan dan bawah Seperti contoh : https://goo.gl/JfBgnv
  8. Selesai , dengan begitu url siap dan mudah untuk di bagikan apabila membutuhkan pengetikan manual tidak copas bisa lebih cepat karena sudah pendek.
mudahkan ? Cara membuat short link dengan Google URL Shortener, dengan cara ini short link / URL tidak mengandung iklan, sekali klik langsung masuk ke halaman aslinya.
Kelebihan lain adalah, bisa buat nyembunyin link referal
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

sumber: https://www.beginibegitu.com

0 comments:

Post a Comment

ad1