ini hanya sekedar mengisi waktu luang saya, dan saya bukan siapa-siapa, saya hanya seseorang yang sungguh sangat biasa-biasa saja yang ingin berbagi isi kepala saya kepada para pembaca sekalian dengan cara yang sangat biasa-biasa saja *hehehe

Cara Setting Relay Proteksi Kubikel Dm atau PMT Berbagai Merk


sebelumnya saya terimakasih kepada guru dan senior saya yang telah dengan baik hati berbagi ilmunya yaitu pak cecep munawar, jangan lupa kunjungi blognya di SINI

langsung saja, untuk instruksi bisa di sedot di bawah sini gan...
 
 
bagi agan-agan yang belim mengerti terkait proteksi, makhluk apa itu? buat apa itu? nah bisa digali ilmunya dari blog guru saya itu ya gan.. hehe

Sering kali kita dihadapkan dengan laptop yang tidak ngonnect ke Relay, atau tidak bawa laptop saat mensetting Relay, untuk itu saya buatkan Setting manual Relay agar bisa mempermudah di lapangan, Setting manual ini dalam bentuk Excel sehingga mudah di copy ke android dan bisa dibuka dan di Edit oleh anda sendiri. Untuk Setting di GH atau Penyulang, anda tinggal masukkan data Setting berikut CT nya kedalam File Excel yg sudah saya siapkan. Dan data setting sudah secara otomatis bisa dimasukkan kedalam relay.
Untuk Setting pelanggan karena harus memenuhi kriteria TDL, dimana
  • 1,05 x In Trip > 1 jam
  • 1,2 x In Trip < 20 Menit
  • 1,5 x In Trip < 10 Menit
  • 4 x In di Koordinasikan
Maka setting Relay nya harus menggunakan Setting Over Load,.
Dan Untuk OCR nya di Setting 1,8 x Daya Kontrak, agar Overload nya bisa trip duluan
Setting yang saya siapkan untuk Relay relay :
Sepam. Vamp 40, Thytronic, GE Multilin 350, MCGG, NR-PCS 9691 , NR-PCS 9691E, Micom P122 / Micom P123, Siemens Argus
semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Ya terkait dengan pengaman di sisi 20.KV. jadi kita buatkan cara supaya temen temen mudah belajar setting relay dll hanya ingin berbagi saja pengalaman yg kita alami dilapangan

    ReplyDelete
  2. Punten ieu teh sareng saha nya. Abdi cecep 085694001873 hoyong gaduh no Akang. Nuhun

    ReplyDelete

ad1