ini hanya sekedar mengisi waktu luang saya, dan saya bukan siapa-siapa, saya hanya seseorang yang sungguh sangat biasa-biasa saja yang ingin berbagi isi kepala saya kepada para pembaca sekalian dengan cara yang sangat biasa-biasa saja *hehehe

Cara paling mudah dan sederhana membuat hotspot wifi di PC / Laptop tanpa perlu install program


Kali ini admin akan share cara membagikan koneksi internet kita yang biasa disebut  HOTSPOT atau bahasa indonesia nya TETHRING.. hehe
berdasarkan pengalaman pribadi, kebanyakan kita biasanya menggunakan program virtual tambahan, seperti

1. Connectify

Aplikasi Share Wifi Connectify
Connectify sebenarnya adalah aplikasi hotspot berbayar, namun tersedia versi gratisannya dengan fitur yang terbatas, tapi cukupan kok. Versi berbayarnya dapat menghilangkan timer shut-off hotspot dan dapat share internet dari perangkat 3G dan 4G.
Versi gratis Connectify bekerja dengan baik dalam share koneksi internet kamu dan berjalan dengan baik di Windows 7 dan 8. Ketika DSG membandingkan Connectify Free dengan aplikasi lain dalam daftar ini, aplikasi lain cenderung lebih unggul karena dapat membagikan koneksi dari perangkat 3G dan 4G serta fitur tambahan lainnya.
Link Download

2. MaryFi

Aplikasi WIFI Maryfi
MaryFi adalah aplikasi router WiFi berbasis aplikasi yang membantumu membuat WiFi hotspot dan kemudian share koneksi internet yang aktif di PC Windows kamu. MaryFi ini gratis dan mendukung sistem operasi Windows 7. MaryFi memiliki antarmuka yang minimalis serta pendekatan yang mudah dimengerti saat kita mengakses fitur-fiturnya. Jadi, apabila kamu ingin share wifi dari laptop, cobalah MaryFi.
FYI, MaryFi juga dapat digunakan sebagai WiFi repeater (kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerima sinyal dari sebuah modem WiFi dan mempropagasi ulang sinyal tersebut dengan fitur WiFi yang tersedia pada komputer kamu). Dengan kata lain, jika kamu mengaktifkan MaryFi namun tidak ada koneksi internet aktif di PC kamu, aplikasi ini akan mengakses shared folders di PC kamu dari perangkat lain, atau bermain game multiplayer, memanfaatkan LAN. Walau gratis, MaryFi tidak menyertakan iklan di aplikasinya. User experience tidak terganggu deh :D
Link Download

3. MyPublicWiFi

Aplikasi WIFI MyPublicWiFi
Ini dia aplikasi lain untuk membuat WiFi hotspot yang mudah digunakan, MyPublicWiFi. Aplikasi ini merupakan freeware dan mendukung Windows 7,8 dan Windows Server 2008.
Karena aplikasi ini mendukung prosesor berarsitektur 32 dan 64 bit, MyPublicWiFi berjalan lancar di device apapun selama itu berbasis Windows. Fitur-fitur utamanya adalah:
  • Kamu dapat mengetahui device apa saja yang terkonek dengan WiFi hotspot kamu, jadi walaupun kamu membuat sebuah open network, kamu masih bisa mengetahui siapa saja yang konek ke koneksi hotspot kamu.
  • Terdapat fitur URL Logging, sehingga kamu tahu situs (beserta detailnya) apa saja yang diakses selama sesi hotspot dibuka.
  • Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai WiFi repeater untuk memperpanjang sinyal home WiFi atau koneksi lain. Kamu juga dapat memperluas jangkauan modem WiFi kamu dalam beberapa detik saja.

ada Cara lebih Mudah Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Tanpa Software Dibawah sini gan.. hehe


Menjadikan laptop atau PC yang sudah memiliki perangkat wireless menjadi hotspot WiFi, buat apa? Ya, dalam skenario tertentu, mengetahui cara menjadikan laptop sebagai hotspot WiFi akan sangat berguna buat kamu. Misalnya saja, saat kamu kehabisan paket data Internet di smartphone dan router kamu di rumah kebetulan juga sedang rusak. Padahal kamu memiliki lebih dari satu komputer atau perangkat mobile yang memungkinkan terhubung ke Internet.
Maka dari itu, kamu perlu membuat hotspot sendiri dengan menggunakan laptop atau PC yang sudah memiliki perangkat wireless. Dengan begitu, kamu bisa melakukan sharing koneksi Internet dengan perangkat lainnya secara mudah.

Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot WiFi

Bagaimana cara mengaturnya? Itu tergantung dari sistem operasi Windows yang berjalan pada laptop kamu. Jika laptop kamu sudah menjalankan Windows 10, cara mengaturnya sangat mudah. Sementara, untuk Windows 7 perlu beberapa langkah. Lebih lanjut, ini tutorial lengkapnya.

Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot WiFi di Windows 10

Jika kamu sudah menjalankan Windows 10 Anniversary, maka kamu beruntung. Pasalnya, Microsoft telah membenamkan pengaturan yang mudah untuk menjadikan laptop sebagai hotspot WiFi, begini caranya.
  • Buka Settings, cara mudahnya dengan menekan tombol kombinasi Windows+I. Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 10
  • Pada halaman Settings, pilih Network & Internet.
  • Kemudian, pilih Mobile hotspot. Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 10 2
  • Dan aktifkan Share my Internet connection with other devices. Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 10 3
  • Untuk mengatur hotspot, klik saja tombol Edit untuk mengubah nama jaringan dan password default. Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 10 4
  • Selesai, sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan hotspot di laptop.

Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 7

Selanjutnya, kita bahas cara mengatur laptop Windows 7 menjadi hotspot WiFi. Caranya melalui sesuatu yang disebut jaringan Ad-hoc. Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node. Node-node tersebut berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Metode ini hanya bekerja jika Internet kamu datang dari sumber Ethernet (LAN), berikut caranya.
  • Buka Start Menu dan ketik Wireless di pencarian, lalu pilih Manage wireless networks. cara mengatur hotspot wifi di windows 7
  • Klik tombol Add untuk menambah jaringan nirkabel. cara mengatur hotspot wifi di windows 7 2
  • Selanjutnya klik Create an ad hoc network dan klik Next. cara mengatur hotspot wifi di windows 7 3
  • Sekarang masukkan nama dan pilih opsi keamanan. Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot WiFi di Windows 7 4
  • Tunggu sebentar jaringan sedang dibuat.
menjadikan laptop sebagai hotspot
Selesai, sekarang kamu sudah berhasil menggunakan laptop Windows 7 menjadi hotspot WiFi dan siap digunakan. Bagaimana, sangat mudahkan? Cara lainnya jika laptop kamu menggunakan Windows 7 dan Windows 8 adalah menggunakan software pihak ketiga. Salah satu aplikasinya adalah Virtual Router yang bisa kamu download secara gratis. Pengaturan Virtual Router ini sangat mudah, tinggal klik tombol Start Virtual Router maka laptop kamu sudah menjadi hotspot. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba ya.

sumber: jalantikus.com

0 comments:

Post a Comment

ad1